Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Kesalahan Memulai Bisnis untuk Pemula

 Pinginkaya.my.id. Setiap orang pernah gagal dalam berbisnis termasuk anda dan Saya. Nah dari beberapa kegagalan pernah gak Anda bangkit dan mulai kembali bersbisnis? Mungkin ada diantara kita yang mulai bangkit dan ada pula yang berhenti karena kapok selalu gagal. 

Dengan adanya kegagalan berarti ada kesalahan yang belum pernah Anda evaluasi. Untuk itu saya akan sedikit mengingatkan barang kali kesalahan yang Anda lakukan sama seperti yang saya alami.


1. Niat Bisnis

Niat bisnis harus baik dan tidak boleh salah. Tapi ada diantara sobat yang berniat bisnis tidak sesuai dengan Syariat Islam. Salah satu contoh niat bisnis untuk menghancurkan bisnis orang lain. Niat ini sangat tidak terpuji dan sangat berbahaya untuk dirinya dunia dan akhirat.

Niat Bisnis yang berbahaya :
  1. Ingin menghancurkan bisnis orang lain
  2. Ingin di puji oleh orang lain
  3. Ingin dibilang kaya oleh orang lain

Niat yang buruk akan mengakibatkan bisnisnya itu hancur dan bisa saja orangnya juga hancur dalam artian sakit-sakitan.

Ada orang yang sebelum berbisnis datang ke Dukun untuk meminta arahan, saya harus bisnis apa? Dimana? dan bla bla bla.

Ini sudah salah, Hukumnya haram meminta petunjuk Dukun atau orang pintar. Yang bagus itu meminta petunjuk Allah SWT.

Niat yang baik akan mendapatkan hasil yang baik, Niat agar bisnis sobat sukses dengan cara yang baik akan mendapatkan kekayaan yang halal. 

2. Modal Bisnis

Modal bisnis yang baik adalah uang sendiri dan tidak boleh meminjam. Ada diantara kita yang meminjam uang sebelum berbisnis. Meminjam uang ke Bank, Rentenir, ke teman dan lain sebagainya.

Modal bisnis hasil memijam itu sangat berbahaya, karena sobat harus melunasi hutang,, bisnis sobat baru jalan keuntungannya pasti kecil, saya yakin sobat akan kelabakan.

3. Tidak Menguasai Marketing Langit

Banyak orang yang tidak paham untuk memulai bisnis, Langsung aja berbisnis sementara bisnis itu mempunyai etika dan tata caranya.

Apa etikanya?
Apa Tata caranya?

4. Tidak Memiliki Perencanaan

Untuk pemula saya yakin punya modal langsung berbisnis tanpa memikirkan rencana apa yang akan dibangun. Rencana buat pemula hal yang tidak penting, buat apa rencana yang penting dapat uang. 

Pemikiran yang salah akan menghasilkan kesalahan yang nyata. Ketika gagal akan mendapatkan keputus asaan, Down, Lemah, lesu bahkan bisa saja bunuh diri.

Fungis Perencanaan adalah menyususn kegiatan sobat dari awal sampai akhir, jika gagal rencanakan lagi, lagi dan lagi. Jika tidak memiliki rencana ya sudah akan musnah, yang drencanakan bisa gagal apalagi yang tidak memiliki perencanaan, hancur tuh bisnis.

5. Pelaksanaan 

Tidak memiliki rencana, pada pelaksanaanya akan kebingungan. Yang pada akhirnya bisnisnya tidak jadi atau bisa dikatakan jadi hanya saja akan mendapatkan gegagalan.

Apa yang harus dipersiapkan?
Harus beli apa?
Tempatnya di mana?

Belum mulai sudah bingung, ini akibat tidak memiliki perencanaan.

Ingat bisnis itu bukan maian-main.

6. Tidak Pernah Berdoa

Do'a itu sangat penting, senjatanya orang Mukmin.

Mau utung atau rugi tidak pernah berdoa, parah kan.

Jika sobat orang muslim memiliki bisnis tapi tidak pernah berdoa sungguh terlalau. Orang keristen juga berdoa, Kenapa ada tidak berdoa? Sombong sekali yach.

Doa itu bisa menembus yang tidak mungkin jadi mungkin. Yang jauh bisa jadi dekat. Pokonya do'a bisa menghancurkan segala hambatan dan rintangan. Untuk itu rajinlah berdo'a agar bisnismu lancar dan laris.

Semoga Artikel ini Bermanfaat, Amin.
Romli Omi
Romli Omi Konten Kreator Blog dari Cianjur Selatan

Posting Komentar untuk "6 Kesalahan Memulai Bisnis untuk Pemula"