Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Bisnis Sesuai Ajaran Nabi Muhammad

 Pinginkaya.my.id - Nabi Muhammad mengajarkan cara berbisnis yang baik kepada para sahabat agar untung dunia akhirat. Tahukan kamu cara berbisnis yang baik itu seperti apa? Pada dasarnya tidak merugikan orang lain atau pembeli dengan cara main curang, mengurangi timbangan atau menjual makanan yang sudah basi.

Cara Bisnis Sesuai Ajaran Nabi Muhammad

Tidak sedikit penjual yang melakukan segala cara agar mendapatkan keuntungan, tidak tahu halal atau haram yang jelas bisa membuat perut kenyang dan buncit mereka jalani dengan konsisten. 

Indonesia merupakan tempat yang cocok untuk melakukan bisnis, itu karena jumlah penduduk Indonesia sangat banyak dan penduduknya suka berbelanja jadi sangat strategis unuk melakukan bisnis baik perorangan maupun kelompok. 

Berikut ini penulis ulas tata cara berisnis ala Nabi Muhammad Saw.

Cara Bisnis Sesuai Ajaran Nabi Muhammad

1. Jujur

Nabu Muhammad merupakan Nabi akhir jaman, tidak akan da Nabi lagi setelah-Nya. Pada usia muda Nabi Muhammad mulai berdagang atau berjualan, barang yang ia jual dari Janda kaya yaitu Siti Khodijah. Pada saat berjualan Nabi Muhammad selalu jujur dan iklas, tidak heran banyak sekali yang membeli kepadanya dari pada kepedagang lainnya. 

Sifat jujur inilah yang menjadi modal utama berjualan agar mendapatkan berkah dari Allah ta'ala. Nabi Muhammad selalu jujur, tidak heran barang dagangannya cepat habis bahkan harga yang ia tawarkan dibeli dua kali lipat dari modalnya.

Baca : Rajin Sedekah Bisa Menjadi Kaya

2. Amanah

Amanah atinya dapat dipercaya oleh orang lain. Nabi Muhammad sangat dipercaya oleh tuannya yaitu Siti Khodijah. Siti Khidijah merupakan janda kaya pada masa itu, beliau merupakan bos besar yang dermawan serta baik hati kepada semua orang. Siti Khodijah sangat percaya kepada Ahamd, dagangannya akan laris dan mendapatkan keuntungan besar.

Ketika anda berdagang saya sangat berharap bisa dipercaya oleh pembeli, caranya jujur dan selalu jujur, semua orang akan percaya kepadamu bahwa kamu orang baik. Jangan pernah melakukan kebohongan agar daganganmu laris, karena tidak baik hukunya haram berdosa. Sekali berbohong maka akan ada kebohongan yang lain.

Baca : 6 Kesalahan Memulai Bisnis untuk Pemula

3. Ramah dan Sopan

Sebuah mini maret akan selalu penuh jika pelayannya ramah serta sopan kepada pelanggan. Biasanya pelayan berkata seperti ini "Selamat pagi bpk, ada yang bisa saya bantu" Tersenyum manis menatap kepada pembeli, rasanya bahagia banget yang tadinya hanya melihat-lihat jadi belanja banyak deh. 

Ramah dan sopan menjadi daya tarik tersendiri kepada konsumen, hal ini jangan pernah dianggap sepele sampai kapanpun, ini sangat berpengaruh terhadap kelangsungan toko anda.

Nabi Muhammad selalu tersenyum kepada semua orang, kepada orang kafir saja yang memusuhinya tetap tersenyum, apalagi kepada orang Muslim Nabi Muhammad sangat mencintainya. Ketika berdagang banyak sekali hinaan dan cacian dari kaum kafir, bahkan larangan berdagangpun dilakukan mereka kepada Nabi Muhammad agar dagangannya tidak laku. Nabi Muhammad tetap sabar menjalani aktivitasnya tanpa terhalang oleh mereka.

4. Bertanggung Jawab

Bertanggung jawab artinya bekerja dengan penuh ketekunan dan ulet. Semangat membara agar dagangan bisa laku semua. Jika ada kerugian segera mengganti dengan yang baru, jika ada kesalahan segera meminta kepada atasan. Disiplin kerja merupakan bagian dari tanggung jawab. Orang yang bertanggung jawab kehidupannya akan baik dan terarah

Baca : 9 Cara Bisnis dari Nol Hingga Sukses

5. Sabar

Sabar bukan diam, sabar bekerja setiap hari dengan penuh rasa ikhlas. Orang sabar dilarang mengeluh dan marah-marah apalagi sampai putus asa. Putus asa termasuk dosa besar anda bisa celaka. 

Membangun bisnis dari nol memang tidak mudah, butuh perjuangan yang sangat ekstra. Jaman sekarang membangun bisnsi bisa dari rumah dengan bergabung di Platform toko online seperti shopee, tokopedia, lazada dan bukalapak. Semuanya sudah instan dimudahkan oleh teknologi super canggih.

Kesimpulan

Jika anda ingin bisnis sukses, lakukan cara bisnis Nabi Muhammad, anda harus jujur, amanah, bertanggung jawab, ramah dan sopan dan juga sabar.

Romli Omi
Romli Omi Konten Kreator Blog dari Cianjur Selatan

Posting Komentar untuk "Cara Bisnis Sesuai Ajaran Nabi Muhammad"